Twitter response:

Hote Matsuri

「帆手祭」について聞いたことがありますか。

Jepang merupakan salah satu negara yang kerap mengadakan festival, baik secara nasional maupun secara lokal. Ada sebuah festival lokal yang diadakan setiap tanggal 10 Maret. Festival apakah itu?
Festival ini disebut “Hote Matsuri”. Festival ini diadakan di kota Shiogama, Prefektur Miyagi, bagian utara Pulau Honshu. Meskipun tidak begitu besar, Festival Hote ini telah diadakan sejak sekitar 300 tahun lalu. Atraksi utama dari Hote Matsuri ialah aremikoshi, perarakan mikoshi (kuil Shinto kecil yang dapat dipanggul) seberat satu ton oleh enam belas pria muda yang mengenakan pakaian putih. Iya, satu ton! Menariknya lagi, mikoshi yang diarak ini merupakan mikoshi yang sama sejak Hote Matsuri ini diadakan ratusan tahun lalu.
Aremikoshi yang diadakan pada Hote Matsuri berbeda dari perarakan mikoshi yang sering diadakan saat musim panas. Perarakan dilakukan dengan cara menuruni tangga batu yang curam di Kuil Shiogama. Tangga batu ini terdiri dari 202 anak tangga. Para pria pemanggul mikoshi harus bekerja sama dan berhati-hati karena salah langkah sedikit saja akan menimbulkan bahaya bagi rekan-rekannya yang lain.
Tangga batu ini disebut Omotezaka sementara Aremikoshi dapat disaksian dua kali, yaitu pada pukul 11.30 ketika mikoshi diarak menuruni tangga, serta pada pukul 20.00 ketika mikoshi diarak menaiki tangga kembali ke kuil.
Konon, Hote Matsuri ini diadakan sebagai bentuk doa kepada para dewa agar kota Shiogama terhindar dari bencana dan niat jahat, terutama yang berhubungan dengan api. Hote Matsuri ini awalnya juga diadakan pasca terjadinya kebakaran besar di kota Shiogama pada tahun 1682.

Leave a comment