Twitter response:

Minadzuki

皆さん、こんにちは! ?

Tidak terasa, Kita sudah memasuki bulan Juni ya
Apakah Kalian tahu apa bahasa Jepang dari ‘bulan Juni’?
Dalam bahasa Jepang, ‘bulan Juni’ disebut ‘roku-gatsu’ (六月/6月). Secara harfiah, bisa diartikan sebagai ‘bulan enam’. Dulunya, bulan enam juga disebut ‘Minadzuki’ (水無月)dalam penanggalan kuno Jepang. Uniknya, ‘Minadzuki’ dapat diartikan sebagai ‘bulan tanpa air’, padahal pada bulan Juni, Jepang sedang memasuki ‘tsuyu’, yaitu masa turunnya hujan selama beberapa hari yang menandai peralihan dari musim semi ke musim hujan. Dengan kata lain, padahal seharusnya di bulan Juni ada banyak air, tetapi mengapa disebut ‘Minadzuki’?

Ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut. Salah satunya ialah, air hujan yang turun selama tsuyu ditampung oleh petani untuk mengairi sawah sehingga tidak ada air yang tersisa. Penjelasan lain yang ditawarkan ialah pendapat bahwa ada sedikit pergeseran waktu antara penerapan sistem penanggalan Gregorian yang menggunakan sistem solar dan penanggalan kuno Jepang yang menggunakan sistem lunar (太陰暦 ‘taiinreki’). Karenanya, bulan yang disebut ‘Minadzuki’ pada zaman dahulu dan sekarang sedikit berbeda. Diperkirakan, bulan ‘Minadzuki’ pada zaman dahulu jatuh sekitar bulan Juli-Agustus dalam kalender Gregorian. Pada bulan-bulan ini, Tsuyu sudah berakhir, digantikan dengan matahari yang bersinar terik, yang konon menguapkan air. Oleh karena itu, bulan enam pada zaman dahulu disebut ‘Minadzuki’.
Nah, Jepang sebagai negara yang kebudayaannya sangat dipengaruhi oleh musim, tentunya juga memiliki agenda tersendiri di bulan Juni ini. Salah satunya ialah ‘Koromogae’ (衣替え), yaitu pergantian pakaian, terutama seragam, dari seragam musim dingin ke seragam musim panas.
Selain itu, pada hari Minggu pertama di bulan Juni, ada hari peringatan yang unik di Jepang, yaitu Hari Lamaran (プロポーズの日). Hari ini muncul terkait dengan mitos bahwa bulan Juni merupakan bulan yang baik untuk menikah,

Wah, menarik ya.
Semoga bulan Juni dan akhir pekan kalian menyenangkan
良い週末を…
Courtesy: http://todays-twowords.com/minatsuki/

Leave a comment