Twitter response:

Ketsuekigata

皆さん、こんにちは!

Pada tanggal 14 Juni ini, tepatnya tahun 1868 silam, seorang penemu terkenal bernama Karl Landsteiner lahir ke dunia.
Apa penemuannya?
Salah satu penemuan Landsteiner yang terpenting hingga kini ialah sistem golongan darah yang membagi golongan darah menjadi empat, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB.
Penemuan ini sangat penting terutama dalam bidang kedokteran, tetapi apakah Kalian tahu bahwa orang-orang Asia Timur, khususnya orang Jepang dan Korea memiliki kepercayaan bahwa golongan darah tersebut juga berdampak pada sifat seseorang?
Golongan darah dalam bahasa Jepang disebut juga 血液型 (‘ketsuekigata’). Teori bahwa setiap golongan darah memilik sifat masing-masing salah satunya dipopulerkan pada era 1970-an oleh Nomi Masahiko, jurnalis.
Berbagai buku ditulis untuk menunjukkan adanya hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang, tetapi hingga kini belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan langsung di antara keduanya. Namun hal tersebut tidak membendung minat tinggi terhadap ramalan akan golongan darah.
Kegemaran orang Jepang terhadap golongan darah dapat disamakan dengan kegemaran terhadap ramalan bintang.
Secara umum, orang golongan darah A kabarnya memiliki sifat jujur, bertanggung jawab, sabar, tetapi memiliki kekurangan yaitu keras kepala, kaku, dan pesimis. Orang golongan darah B dikatakan memiliki kelebihan antara lain bersemangat tinggi, kreatif, fleksibel, ceria, tetapi juga cenderung pelupa, egois, dan pemalas. Orang bergolongan darah O disebut sebagai orang yang yang memiliki kepercayaan diri, ambisius, kompetitif, tetapi di sisi lain juga memiliki sifat dingin, agresif, pencemburu. Terakhir, orang bergolongan darah AB dipercayai memiliki sifat rasional, berkepala dingin, mudah beradaptasi, dan cerdas, namun mereka juga juga dipercayai sebagai pribadi yang pendendam, bermuka dua.

Walaupun setengah main-main, golongan darah sering dijadikan sebagai bahan obrolan dalam acara keakraban maupun kontak jodoh. Kepopuleran teori sifat golongan darah ini kemudian dituangkan dalam bentuk webcomic Korea dengan judul A Simple Thinking About Blood Type (혈액형에 관한 간단한 고찰) yang kemudian diadaptasi menjadi anime oleh Jepang dengan judul Ketsuekigata-kun. Uniknya, para pengisi suara karakter anime ini disesuaikan dengan golongan darah masing-masing.

皆さんは血液型占いについてどう思いますか。Apakah sifat-sifat kalian sesuai dengan gambaran sifat golongan darah di atas?

Leave a comment