Twitter response:

JAPAN GOLDEN WEEK

JAPAN GOLDEN WEEK

Japan lovers, apakah teman-teman pernah mendengar istilah “golden week” ? Atau mungkin mengerti golden week adalah hari libur karena jump comics juga libur? 😀 karena masih ada yang penasaran, sensei mau kupas sedikit nih tentang fenomena Golden Week yang ada di Jepang.Pada tahun 1948, Pemerintah menetapkan hari libur 4 hari secara berdekatan di akhir bulan April dan awal bulan Mei. 4 hari tersebut adalah :

29 April : Hari Showa

3 Mei : Hari Peringatan Konstitusional

4 Mei : Hari Hijau

5 Mei : Hari Anak

(Tanggal 1 Mei yang merupakan hari Buruh atau Rodosai tidak termasuk libur nasional, akan tetapi banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya. Tanggal 2 Mei menjadi hari libur karena terjepit di hari libur lain)

Sejak saat itu, masyarakat Jepang sibuk mencari aktifitas untuk mengisi hari libur yang berdekatan tersebut. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan yang tidak ikut libur pada saat golden week, salah satunya adalah industri bioskop. Pemutaran film “Jiyu Gakkou” pada tahun 1951 meraih rekor penjualan tiket tertinggi dibandingkan dengan hari libur lainnya. Oleh karena itu, Matsuyama Hideo, direktur perusahaan film Daiei Motion Picture mengatakan libur panjang ini dengan sebutan “golden week”. 
Saat ini, masyarakat Jepang tidak lagi menghabiskan waktu golden week mereka dengan menonton bioskop. Sudah banyak sekali tempat-tempat yang siap menjadi incaran, seperti tempat wisata, karaoke, ada juga yang pulang kampong untuk mengunjungi sanak saudara.

Jika di Indonesia juga terdapat libur berurutan, kira-kira teman-teman ingin membuat rencana seperti apa ya untuk menghabiskan waktu liburannya? 

Leave a comment